Tuesday 20 September 2016

Beasiswa Kemenpora RI



Beasiswa Kemenpora
Program Studi Ketahanan Nasional
Universitas Indonesia

Beasiswa Program Studi Peminatan Ketahanan Nasional, Kajian strategis  Pengembangan Kepemimpinan Kerjasama Universitas Indonesia merupakan kelas kerjasama Menpora dengan Universitas Indonesia sejak tahun 2006.

Lulusan magister bidang non militer yg punya kualifikasi keahlian dalam pengembangan kepemimpinan di berbagai unsur kelompok maupun organisasi dalam masyarakat.

Beasiswa diberikan selama 4 semester atau 2 tahun. Mahasiswa diwajibkan lulus tepat waktu. Untuk tahun 2016 ini, ada peraturan bar dari pihak UI maupun Kemenpora. Tahun 2016 mulai komitmen untuk menyelesaikan studi selama dua tahun. Jika tidak bisa menyelesaikan tepat waktu, Mahasiswa wajib membayar sendiri biaya perkuliahan berikutnya.

Disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, H. Imam Nahrawi dalam Kuliah Umum dan Pembagian Ijazah Angkatan VII, lulusan beasiswa kepemudaan ini nanntinya mampu membeirkan kontribusi kepada masyarakat.
 
Menpora H.Imam Nahrawi Memberikan Kuliah Umum

    Beasiswa Program Studi Peminatan Ketahanan Nasional, Kajian strategis  Pengembangan Kepemimpinan Kerjasama Universitas Indonesia ini juga merupakan beasiswa yang diberikan pihak Kemenpora kepada Mahasiswa OKP di seluruh Indonesia.

Karena itu, kebijakan di tahun 2016 angakatan ke 11 ini pun ada sedikit perubahan. Tugas akhir atau tesis yang dikerjakan haruslah bertemakan tentang Kepemudaan, dan juga harus disetujui oleh pihak Kemenpora, tidak sekadar mendapat persetujuan oleh pihak akademik UI. "Mahasiswa berasal dari OKP, tidak sulit untuk mentransformasikan tesis yg direncanakan, dan ada kaitan yg strategis dg Kemenpora," Kata Imam Nahrawi.

Lebih lanjut, Menpora memaparkan, bahwa kebijakan kepemudaan yang relevan bisa dijadikan acuan untuk tesis.Sampai sekarang apa yg sudah dilakukan oleh alumni PKN. Mahasiswa S2 harus memberikan kontribusi dan aktf dalam mengawal kebijakn."Misalnya terkait narkoba.
Memberikan telaah ilmiah untuk pengambil kebijakan bisa menentukan langkah mana yang bisa diambil," tambahnya.

Ada 13 program unggulan Kemenpora Pemuda dan anti narkoba (di desa), pemuda maritim, program sarjana pedesaan (psp3), Sarjana olahraga masuk desa dan masih banyak lagi topik yang bisa diambil oleh Mahasiswa.
Pemberian Ijazah Angkatan VIII Oleh Menpora

Sekilas tentang Program Pascasarjana UI, dipaparkan oleh Ibu Dr Isti Andari, Program Pascasarjana UI, waktu yg cukup lama diperjuangkan sehingga namanya dirubah menjadi Kajian Multidisiplin. Sejak 1 Juli 2016 status ini pun berubah menjadi sekolah. Nomenklatur diganti menjadi sekolah Ilmu Lngkungan, untuk Program Studi lain seperti PKN masuk ke dalam Program kajian strategik dan global.

Konsekuensi berubah dari Pascasarjana, program multidisiplin kemudian sekolah. Sekolah memiliki dosen tetap, memiliki standar nasional perguruan tinggi, dosen, sdm, penilaian kedisiplinan mahasiswa.
Tantangan lain yaitu publikasi dan tesis, dari dikti kewajiban publikasi untuk lulus. Tahun ini mulai diberlakukan. Topik2 tesisnya pun demikian ,ada pembaruan konseptual. Judul tesis disetujui dari Menpora.

            Beasiswa Ketahanan Nasional Kemenpora ini dibuka setiap tahunya dengan kapasitas 20 orang. Pendaftaran sekitar bulan Februari-Juli. Mungkin banyak yang menanyakan biaya apa saja yang didapat dari beasiswa ini? Pihak kemenpora hanya memberikan biaya operasional pendidikan (BOP) yang setiap satu semester sekitar 15 juta. Untuk biaya hidup, buku, karya ilmiah, mahasiswa harus menanggungnya sendiri.

            Untuk bisa lolos masuk beasiswa tersebut, kita harus mengikuti tes di masing-masing perguruan tinggi yang bekerja sama dengan kemenpora. Jika pilihannya adalah Universitas Indonesia, maka pendaftar harus register dan lolos ujian masuk Universitas yaitu Ujian SIMAK UI yang meliputi Tes Potensial Akademik dan Bahasa Inggris. Setiap tahunnya pasti ada perubahan ketentuan atau prasyarat Beasiswa. Berikut saya lampirkan perasyarat Beasiswa Kemenpora Tahun 2016.
Menpora H Imam Nahrawi Berfoto Bersama Penerima Beasiswa PKN Angkatan 11


Ketentuandan Persyaratan Peserta Bantuan Pendidikan Formal S2
Program Beasiswa Pemuda Berprestasi Tahun 2016

A.   PersyaratanAkademis
1.    Lulus Sarjana (S-1) dari berbagai disiplin ilmu dengan akreditasi Program Studi min. B;
2.    Lulus ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilamar meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan TOEFL;

B.   Persyaratan Non Akademis
1.    Pemuda Indonesia berusia 20 – 28 tahun pad atanggal 1 Juli 2016 dibuktikan dengan akte kelahiran;
2.    Memiliki prestasi di bidang seni, olahraga, sosialbudaya, IPTEK dan IMTAQ, dibuktikan dengan piagam/sertifikat;
3.    Merupakan anggota atau pengurus aktif Organisasi Kepemudaan atau Lembaga Masyarakat Berbasis Pemuda dibuktikan dengan surat keterangan / rekomendasi dari Ketua Umum DPP/DPD Organisasi Kepemudaan atau Lembaga Masyarakat Berbasis Pemuda tingkat Pusat atau tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota;
4.    Diutamakan bagi yang belum pernah memperoleh bantuan atau fasilitasi dari Kemenpora;
5.    Berbadan sehat, dibuktikan dengan surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Umum Pemerintah / Daerah;
6.    Berkelakuan baik, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
7.    Bebas Narkoba, dibuktikan dengan surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) atau Rumah Sakit Umum Pemerintah / Daerah;
8.    Tidak sedang terikat dalam program beasiswa lain;
9.    Bukan merupakan Aparatur Sipil Negara;

C.   Prosedur Pendaftaran.
1.    Mendaftarkan diri secara online pada situs penerimaan mahasiswa pada universitas / PTN mitra Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan mengikuti ketentuan yang berlaku di PTN tersebut;
2.    Setelah melaksanakan pendaftaran maka pendaftar harus mengirimkan dokumen persyaratan Non Akademis berupa :
a.    Foto copy akte kelahiran;
b.    Piagam/Sertifikat penghargaan atas prestasi di bidang seni, olahraga, sosial, IPTEK dan IMTAQ;
c.    Surat keterangan / rekomendasi dari Ketua Umum DPP/DPD Organisasi Kepemudaan atau Lembaga Masyarakat Berbasis Pemudatingkat Pusat atau tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota;
d.    Surat keterangan sehat yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Umum Pemerintah / Daerah;
e.    Surat Keterangan Catatan Kepolisian;
f.     Surat Keterangan Bebas Narkoba yang dikeluarkan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) atau Rumah Sakit Umum Pemerintah / Daerah;
g.    Surat Pernyataan tidak sedang terikat dalam program beasiswa dari Instansi lain diatas Materai Rp. 6000;
h.    Surat Pernyataan bukan Aparatur Sipil Negara diatas Materai Rp. 6000.
i.      Dokumen tersebut diatas dapat diantar langsung atau dikirimkan melalui jasa kurir atau POS ke alamat :
Panitia Seleksi Non Akademis,
Asisten Deputi Tenaga dan Peningkatan Sumber Daya Pemuda,
Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda,
Gedung Wisma Menpora Lt. 1
Jl. GerbangPemuda No. 3 Senayan Jakarta Pusat 10270,
j.      Dokumen tersebut di atas selain dikirimkan juga mohon diupload pada website http://anakmuda.net (register terlebih dahulu).
3.    Daftar peserta lulus seleksi ujian masuk akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada kalender akademik PTN mitra Kementerian Pemudadan Olahraga;
D.   Lain-lain
Pendaftaran dan informasi lebih lengkap dapat mengakses situs resmi di bawah ini :
1.    Portal Kemenpora : www.kemenpora.go.id
2.    Universitas Indonesia : http://penerimaan.ui.ac.id
3.    UniversitasGadjahMada : http://um.ugm.ac.id
4.    UniversitasHasanuddin : http://pasca.unhas.ac.id
5.    Universitas Sumatera Utara : http://sps.usu.ac.id
6.    Universitas UIN SunanAmpel Surabaya : http://pasca.uinsby.ac.id
7.    UniversitasNegeri Semarang : http://pps.unnes.ac.id



Gallery:

Foto Dulu Sebelum Mulai Kuliah Umum


PKN Angakatan 11 dari OKP se-Nusantara


Para Ladies PKN 11

7 comments:

  1. Assalamualaikum kak, boleh bagi kontaknya untuk share pengalaman?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. mau tanya dunk ...
    apa harus ada surat keterangan / rekomendasi dari Ketua Umum DPP/DPD Organisasi Kepemudaan atau Lembaga Masyarakat Berbasis Pemuda tingkat Pusat atau tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota? kalau ga ada, apa bisa?

    ReplyDelete
  4. mau tanya dunk ...
    apa harus ada surat keterangan / rekomendasi dari Ketua Umum DPP/DPD Organisasi Kepemudaan atau Lembaga Masyarakat Berbasis Pemuda tingkat Pusat atau tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota? kalau ga ada, apa bisa?

    ReplyDelete
  5. Mba saya boleh minta cp nya? Selain email. Soalnya saya udh email mba. Ada yg mau ditanyain, makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. Mba saya boleh minta cp nya? Selain email. Soalnya saya udh email mba. Ada yg mau ditanyain, makasih sebelumnya

    ReplyDelete