Sunday 14 February 2016

Wisata Mangrove Di Ujung Utara Jakarta

Pantai Indah Kapuk
Wisata Alam Mangrove Di Kota Jakarta

Ibukota Jakarta memang terkenal dengan polusi, bangunan tinggi, panas dan juga macetnya. Jakarta pun bukan tempat yang asyik, nyaman dan untuk berlibur, karena dengan segala kemacetannya, berlibur di Jakarta sama saja dengan bunuh diri alias kita tidak akan menikmati liburan kita, yang ada hanyalah rasa lelah dan pusing saking banyaknya orang dan kendaraan. Tempat wisata Jakarta tidak lebih bangunan di tengah kota yang padat, ramai dan panas. Seperti Monas, TMII, Ancol, Kota Tua. 

Di tengah polusi dan macetnya Jakarta, ada loh tempat yang hijau, udaranya segar untuk dikunjungi. Meskipun sedikit panas, cukuplah untuk memanjakan mata kita dengan tanaman hijau, bukan lagi bangunan-bangunan tinggi dengan beton-betonnya. Wisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), tempat ini yang aku maksud. Sebenarnya PIK adalah daerah perumahan di kawasan Jakarta Utara. Konsep Hutan Mangrove (PIK) di Jakarta sebenarnya tidak jauh dengan Mangrove yang ada di Surabaya. Taman dengan dikelilingi pohon bakau, wisata perahu dan dermaga-dermaga atau jembatan yang terbuat dari kayu.

Untuk menuju lokasi Wisata Mangrove PIK, kita tidak perlu bersusah payah. Karena saya berangkat dari Jakarta pusat, maka rute yang anda ambil menggunakan mobil ataupun motor yaitu dari Salemba menuju ke utara Pasar Senen, melewati hamroni, lurus saja sampai Roxy Mall tempat jual elektronik terbesar di Jakarta. Kemudian melewati Citraland ambil ke arah Tanggerang datau dan mogot. Kita juga akan melewati stasiun TV Indosiar. Dari sana lurus saja. anda akan menemukan plakat petunjuk jalan menuju PIK.

Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk/@kireizna

Wisata Mangrove PIK dikelolah oleh swasta. Menurut aku tiket masuk cukup mahal dan sangat ketat. Tiket masuk perorang 25ribu, untuk paket lainnya seperti foto prawed 1.5 juta, dan kita dilarang membawa kamera. Jika membawa kamera ada biaya tambahan sendiri. Tips juga ketika melewati pos pemeriksaan tiket. Pastikan makanan atau bekal anda tersimpan rapi di dalam tas. Karena petugas melarang pengunjung untuk membawa makanan, alasannya banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, jika anda ingin mendapatkan hasil jepretan yang cukup memuaskan, lebih baik anda datang ebrkunjung saat hari kerja. Karena pada saaat wekend (Sabtu-Minggu) Wisata Mangrove ini dipenuhi pengunjung.

Banyak berbagai persimpanagan dengan nama yang berbeda-beda. Tentunya pemandangan yang anda dapatpun juga berbeda/@kireizna


Keindahan wisata Mangrove PIK ini adalah jalanan setapak yang terbuat dari kayu-kayu serta disamping kiri ada bangunan rumah adat yang terbuat dari kayu pula. Selain itu, berbagai macam tanaman mangrove juga banyak terlihat. Lokasi ini sebenarnya cocok digunakan untuk pelajar yang ingin belajar tentang tanaman dan bertanam. Baiklah, jika anda ingin menemukan keindahan alam hijau di kota Metropolitan, silahkan berkunjung ke sini.

Berfoto di depan rumah Adat/ @kireizna
@kireizna

Ada juga tempat untuk bermain anak-anak. Jembatan tali/ +Isna W.F 
Kebetulan lagi musim imlek, jadi banyak lampion warna-warni di depan Rest Area/ @kireizna


Jelajah Jakarta
Catatan Perjalanan

14 Februari 2015

No comments:

Post a Comment