Wednesday 16 December 2020

Menabung Emas Di Pegadaian (2)

Geliat menabung emas di tahun 2020 ini sepertinya semakin meningkat. Investasi emas memang sangat menjanjikan selain mudah, harganyapun akan terus naik ditiap tahunnya. Apalagi di era pandemi covid 19 ini, dimana semua usaha mengalami penurunan drastis karena banyaknya kerugian ekonomi yg menimpa negara dan masyarakat. Pengusaha, orang biasa banting setir investasi emas sehingga harga emas semakin melambung tinggi karena banyaknya permintaan di pasar. Karena emas tidak akan merugi banyak dikemudian hari.

Investasi emas bukan lagi untuk kalangan atas atau pengusaha besar, namun juga bisa dilakukan oleh semua orang bahkan anak sekolah pun bisa menabung/investasi emas, karena sekarang banyak bermunculan platform menabung emas baik itu BUMN seperti Pegadaian maupun Non BUMN seperti menabung di bank swasta, Mini gold, bahkan sekarang aplikasi belanja online menawarkan tabungan emas dengan  berbagai jumlah minimum pembelian/tabungan.

Sebelumnya, sudah aku tuliskan bagaimana menabung keuntungan Menabung Emas, lebih khusus menabung emas di Pegadaian. Semakin banyaknya pertanyaan yang muncul ketika aku membuat status tentang Menabung Emas di Pegadaian, berikut aku jabarkan lagi langkah-langkah Menabung emas di Pegadaian. Tulisan ini untuk menjawab pertanyaan teman-teman sehingga aku tidak perlu menjelaskan lagi satu persatu.hehe

1. Download aplikasi Pegadaian Digital di play store, ikuti langkah-langkah untuk membuat akun
2. Setelah membuat aku, kita harus mengaktifkan CIF terlebih dahulu untuk menjaga keamanan transaksi kita, hal ini harus dilakukan di kantor Cabang Pegadaian terdekat.
3. Kita sudah bisa memulai transaksi tabungan emas.

Selain 3 langkah cepat tersebut, kita juga bisa langsung mendatangi kantor pegadaian terdekat untuk membuka rekening tabungan emas, cukup membawa KTP.

Aplikasi pegadaian memudahkan kita bertransaksi, banyak fitur lainnya yang dpat digunakan seperti gadai emas, pembayaran listrik, token air, pulsa dsb, namun saran dari aku jika kita fokus untuk investasi emas di Pegadaian, fitur-fitur lain seperti diatas tidak perlu kita gunakan karena membuat kita tidak fokus untuk menabung emas, kita bisa gunakan  aplikasi yang lain kenapa demikian jika kita aktfikan semua fitur tersebut bisa-bisa tabungan kita akan habis digunakan pembayaran/pembelian jasa yang lain.

Nah setelah sudah aktif CIF dan akun kita barulah memulai menabung. Inti dari investasi emas adalah sabar dan istiqomah. Di fitur aplikasi pegadaian digital ada jual dan beli emas. Jika kita ingin membeli maka pilih beli, ketik nominal yang kita punya tidak harus banyak asal istiqomah. Kemudian ikuti langkah pembayaran yang ada di aplikasi. Mudah bukan? Kita tidak perlu datang lagi ke kantor cabang pegadaian. 

Mungkin sebagian teman-teman yang sudah faham kenap harga logam mulia di pegadaian lebih mrah dibanding yang lain? Karena harga tersebut belum termasuk ongkos cetak emas, jika dikalkulasikan harga logam mulia dengan harga pasar tetap sama.

Investasi emas adalah jangka panjang jadi ingat ya jangan buru-buru menjual jika ingin untung banyak. 

-Mari Menabung Emas-


 

No comments:

Post a Comment