Wednesday 31 October 2012


BELAJAR DARI PRAMUKA
Pramuka, Pramuka, Prajamudakarana
Pramuka memang bukan hal yang baru kita dengar. Dari kita Sekolah Dasar telah mengenal Pramuka, karena memang tiap sekolah baik sekolah negeri maupun swasta pasti ada ekstrakulikuler Pramuka. Pramuka memang bukan kegiatan yang menjenuhkan. Seorang anak pramuka hanya butuh keterampilan, kedisiplinan, keberanian, dan kekreatifan, sesuai dengan nilai yang tercantum pada Dasa Dharma Pramuka. Pertama, Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, kedua Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia, ketiga, Patriot Yang Sopan dan Kesatria, keempat Patuh Dan Suka Bermusyawarah, Kelima, Rela Menolong dan Tabah, keenam, Rajin Terampil dan Gembira, ketujuh, Hemat Cermat dan Bersahaja, kedelapan Disiplin Berani dan Setia, kesembilan Bertanggungjawab dan dapat dipercaya dan kesepuluh, Suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.
Dari kesepuluh nilai Dasa Dharma Pramuka ini kita bisa belajar bagaimana berkehidupan dengan masyarakat, dengan alam kita, dan dengan Sang Pencipta Kita. Belajar dari Pramuka kita akan memperoleh banyak pengalaman, serta mengenal berbagai macam karakter orang.
Tanggal 1 s.d 3 November 2012 bertepat di Museum Mpu Tantular merupakan ajang bagi seluruh Pramuka Penggalang di Tingkat Ranting Kecamatan Buduran Sidoarjo untuk saling berkompetisi, saling belajar dan menunjukkan kekreativitasan masing-masing Gugus Depan dalam Acara Lomba Tingkat 2 yang diikuti oleh SD atau MI baik negeri maupun swasta serta beberapa SMP di Kecamatan Buduran Sidoarjo.
Lomba Tingkat 2 Pramuka Penggalang diadakan untuk membentuk mentalitas dan kemandirian anak-anak didik. Berbagai rangkaian kegiatan telah disusun oleh panitia lomba, diantaranya seperti lomba Pionerring, Lomba mendirikan tenda , memasak, lomba embaca Puisi dan pidato dengan tema Pahlawan , lomba gambar poster, safari camp, P3K, TTG (teknologi tepat guna) dan kegiatan lainnya.
Kegiatan LT 2 ini benar-benar memberikan pembelajaran bagi anak-anak bagaimana mereka hidup mandiri jauh dengan orang tua tapi tetap bisa survive. Dan belajar untuk masa depan bahwa tidur di tenda merupakan bentuk kesederhanaan. Dari Pramuka mereka bisa dapatkan. Dari Belajar Pramuka mereka akan lebih mengerti akan arti hidup dan perjuangan untuk meraih kesuksesan.


SALAM PRAMUKA...................

*tulisan ini dimuat di harian surya Edisi 25 November 2012

http://surabaya.tribunnews.com/2012/11/04/yuk-belajar-pada-pramuka



No comments:

Post a Comment